Assalamualaikum Wr. Wb.
Kali ini saya ingin membahas Pengertian Bisnis Informatika dalam blog saya disertai satu contoh bisnis informatika. Sebelum itu saya ingin menerangkan apa itu Pengertian Bisnis Informatika dari kata per kata. Kalimat Bisnis Informatika terdiri dari 3 suku kata yaitu bisnis, informasi dan matematika (informatika).
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah
suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau
bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata
bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata
dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks
individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan
aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan.
Sedangkan, Matematika (dari bahasa Yunani: μαθηματικά - mathēmatiká) adalah studi besaran, struktur, ruang dan perubahan.
Dari ketiga pengertian diatas dapat disimpulkan Pengertian Bisnis Informatika adalah suatu
organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen berupa pesan (ucapan atau ekspresi) atau
kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol yang
memuat besaran, struktur, ruang dan perubahan untuk mendapatkan laba.
Dalam suatu bisnis informatika di butuhkan SDM (Sumber daya Manusia) yang memadai serta mumpuni guna mencapai target bisnis informatika yang diinginkan. Bermula dari suatu perencanaan SDM yang diinginkan sampai bagaimana cara perekrutan tenaga kerja.
Perencanaan SDM (Sumber Daya Manusia) dalam bisnis. Saya akan mengambil satu contoh perusahaan tempat saya bekerja dulu yaitu PT. Fast Food Indonesia Tbk lebih dikenal dengan sebutan KFC Indonesia.
Dalam suatu bisnis informatika di butuhkan SDM (Sumber daya Manusia) yang memadai serta mumpuni guna mencapai target bisnis informatika yang diinginkan. Bermula dari suatu perencanaan SDM yang diinginkan sampai bagaimana cara perekrutan tenaga kerja.
Perencanaan SDM (Sumber Daya Manusia) dalam bisnis. Saya akan mengambil satu contoh perusahaan tempat saya bekerja dulu yaitu PT. Fast Food Indonesia Tbk lebih dikenal dengan sebutan KFC Indonesia.
KFC Indonesia |
Dalam perencanaan SDM PT. Fast Food Indonesia Tbk membuat daftar kelompok pekerjaan yang dibutuhkan Crew Restaurant (CR), Home Delivery (HD), Management Trainee & PR Store. Dengan kualifikasi minimal pendidikan SMA sederajat untuk Crew Restaurant (CR) & Home Delivery (HD) serta Management Trainee & PR Store minimal D3 pariwisata/S1 semua jurusan.
Perekrutan tenaga kerja PT. Fast Food Indonesia dengan cara membuka informasi melalui web http://www.kfcindonesia.com//index.php?option=com_content&task=view&id=392&Itemid=246 lalu melampirkan lamaran dan dikirimkan ke alamat yang tertera pada web PT. Fast Food Indonesia Tbk tersebut.
Dalam bisnis tidak hanya keuntungan yang dicari tetapi berbagai tanggung jawab diperlukan. Seperti tanggung jawab sosial, tanggung jawab konsumen dan tanggung jawab lingkungan guna mencapai perusahaan yang baik.
Dalam bisnis tidak hanya keuntungan yang dicari tetapi berbagai tanggung jawab diperlukan. Seperti tanggung jawab sosial, tanggung jawab konsumen dan tanggung jawab lingkungan guna mencapai perusahaan yang baik.
Tanggung jawab sosial PT. Fast Food Indonesia adalah dengan menyisihkan beberapa rupiah setiap pembelian produk-produk KFC kepada fakir miskin ketika bulan ramadhan tiba atau ketika ada suatu bencana di suatu daerah seperti gempa, banjir & tsunami.
Tanggung jawab konsumen atau tanggung jawab terhadap konsumen adalah dengan menjamin produk-produk yang di jual oleh KFC mendapatkan sertifikasi Halal & lulus uji BPOM serta membuat paket produk yang seru setiap bulannya dengan kemudahan akses pemesanan berupa delivery service via telepon atau fax.
Tanggung jawab lingkungan PT. Fast Food Indonesia ialah limbah dari sisa hasil olahan produk KFC tidak langsung dibuang ke drainase tetapi di tampung terlebih dahulu ke dalam sebuah lubang yang diberi nama grease trap dan sebulan sekali grease trap tersebut disedot dari limbah tersebut.
Tanggung jawab konsumen atau tanggung jawab terhadap konsumen adalah dengan menjamin produk-produk yang di jual oleh KFC mendapatkan sertifikasi Halal & lulus uji BPOM serta membuat paket produk yang seru setiap bulannya dengan kemudahan akses pemesanan berupa delivery service via telepon atau fax.
Tanggung jawab lingkungan PT. Fast Food Indonesia ialah limbah dari sisa hasil olahan produk KFC tidak langsung dibuang ke drainase tetapi di tampung terlebih dahulu ke dalam sebuah lubang yang diberi nama grease trap dan sebulan sekali grease trap tersebut disedot dari limbah tersebut.
Grease Trap |
Demikian penjelasan saya mengenai Pengertian Bisnis Informatika. Jika ada tulisan yang tidak sesuai dan berkenan mohon di maafkan. Terima kasih perhatiannya.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Sumber:http://www.kfcindonesia.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar