Ini dia empat kontestan yang bakal diadu... Eng ing eng...!!!!!!!!
Silahkan teman2 kaskuser yg berminat menjadi tester atau sekadar menonton laga maha dahsyat ini, datang hari ini ke:
Otomotif Service Station
Jl. Panjang 8A Kebun Jeruk
Jakarta Barat 11530
19 Maret 2009 pukul 14.00 WIB
Sekaligus untuk silaturahmi dengan anggota forum Otomotifnet (Otonetters) yang akan sering melakukan kerjasama dengan kaskus (Beberapa kaskuser merupakan member forum otomotifnet juga)
FYI :
Test dibagi menjadi beberapa tahap
Test hari ini hanya utk mengetest konsumsi bahan bakar & Limit RPM
Test berikutnya, adu kecepatan, jetting, dll. Waktunya masih tentative
Untuk diskusi lebih jauh, silahkan ke sini
Quote:
Quote:
Quote:
quote dari bro Super63, Otonetters yg mencatat semua hail test speed dari racelogic : kita jadinya ngetes hari rabu malem start jam 11 kelar jam stngh tiga, di depan kantor OTOMOTIFNET di jalan panjang no8A, strat dari pertigaan relasi finish sebelum jembatan TOL, kira2 300 meteran. 200 meter buat trek 100 untuk ngerem. jam segitu situasi lalu lintas udah lumayan sepi apalagi makin malem hehhe.. kondisi mesin standar abis tanpa jetting. kalau kemarin beberapa produsen CDI memang minta jetting seperti REXTOR dan XP, tapi biar adil untuk sesi test kali ini lebih baik semua tanpa modifikasi apapun. kalau masih ada waktu dan sempet kapan2 kita bikin deh yang pakai jetting.. hasil masing2 tester sebagai berikut: Standar Spidlova Distance(m) Time(s) 0-100 10.0 0-200 14.7 Bintang Pradipta Distance(m) Time(s) 0-100 11.7 0-200 16.7 Super 63 Distance(m) Time(s) 0-100 09.0 0-200 14.1 BRT Spidlova Distance(m) Time(s) 0-100 10.3 0-200 15.1 Bintang Pradipta Distance(m) Time(s) 0-100 09.4 0-200 14.2 Super 63 Distance(m) Time(s) 0-100 08.5 0-200 13.3 CHEETAH POWER Spidlova Distance(m) Time(s) 0-100 08.1 0-200 12.9 Bintang Pradipta Distance(m) Time(s) 0-100 09.6 0-200 14.6 Super 63 Distance(m) Time(s) 0-100 09.3 0-200 14.4 XP Spidlova Distance(m) Time(s) 0-100 09.5 0-200 14.4 Bintang Pradipta Distance(m) Time(s) 0-100 09.7 0-200 14.6 Super 63 Distance(m) Time(s) 0-100 09.1 0-200 14.0 REXTOR Spidlova Distance(m) Time(s) 0-100 10.6 0-200 15.4 Bintang Pradipta Distance(m) Time(s) 0-100 09.6 0-200 14.5 Super 63 Distance(m) Time(s) 0-100 09.2 0-200 14.1 |
Pengetesan Tahap 3: Sipa Konsumsi Bahan Bakar Teririt?
Pengukuran konsumsi bahan bakar dilakukan dengan menggunakan burette (gelas ukur), cara pengetesannya dengan melihat siapa yang paling cepat menghabiskan 100ml bensin. Secara sederhana dari hasilnya bisa dilihat, yang cepat habis berarti boros sedang yang lama abisnya berarti irit.
Saat pengetesan motor dalam keadaan diam dengan suhu mesin dipatok pada kurang lebih 70 derajat celcius. Dan putaran mesin dibuat statis pada 5000rpm. Pengukuran dilakukan dengan 3 stopwatch yang dipegang oleh Arseen lupin, Nanda, dan David. Didapat hasil rata-rata sebagai berikut:
CDI Standar : 1 menit 16 detik
CDI BRT Neo Click : 1 menit 25 detik (penghematan 11,84%)
CDI Cheetah Power CP 400 : 1 menit 22 detik (penghematan 7,89%)
CDI XP : 1 menit 15 detik (lebih boros 1,31%)
CDI Rextor : 1 menit 17 detik (penghematan 1,31%)
Pengetesan Tahap 4: Siapa Power Tertinggi?
Test terakhir ini dilakukan di dynamometer bermerek Dyno Dynamic milik bengkel Khatulistiwa dikawasan Jl Pramuka, Jakarta Timur. Pengetesan dyno dilakukan tanpa ubahan apapun pada motor. Bahkan settingan angin dan bensin pada karburator dibuat seragam meski gonta ganti CDI. Pengetesan dilakukan 2 kali, dengan spuyer standar dan dengan spuyer yang sudah naik satu step dari standar. Ukuran 35/75 menjadi 38/78.
CDI juga tetap menggunakan pilihan klik/kurva yang sama dengan 3 test sebelumnya. Pada pengetesan ini suhu mesin dipatok seragam pada 90 derajat celcius sebelum mesin digas. Berkat blower yang dipasang di dekat blok silinder suhu mesin selama pengetesan bisa stabil dikisaran 100-110 derajat celcius. Dan tiap CDI punya kesempatan 5 kali run. Hasil yang diperoleh cukup mencengangkan.
Sesi pertama tanpa jeting
Max Power CDI Standar : 8 dk
Max Power CDI XP : 7,8 dk
Max Power CDI Rextor : 7,9 dk
Max Power CDI Cheetah Power : 7,3 dk
Max Power CDI BRT : 7,7 dk
Sesi kedua dengan jeting
Max Power CDI Standar : 7,4 dk
Max Power CDI XP : 6,1 dk
Max Power CDI Rextor : 7,5 dk
Max Power CDI Cheetah Power : 6,8 dk
Max Power CDI BRT : 7,3 dk
Untuk diskusi lebih jauh tentang proses dan hasil pengetesan ini silahkan bergabung dalam forum diskusi di : Forum OTOMOTIFNET.COM di thread Test & Komparasi Produk – Komparasi CDI Lokal
Sumber : Otomotifnet.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar