Rabu, 09 November 2011

Tematis Performa Motor Sport Ala Bengkel Upgrade Pulsar 180 DTS-i & 200 DTS-i, Pilih Bore-up Atau PNP?




OTOMOTIFNET - Paket upgrade performa untuk Bajaj Pulsar disediakan dalam berbagai pilihan. Ada yang naik kapasitas (bore-up), ada juga yang mengoptimalkan kondisi standarnya dengan berbagai produk.
“Tinggal sesuaikan dana,” jelas Kiki Goestiawan dari Joery Racing di daerah Kebon Jeruk, Jakbar. “Kalau Pulsar 180 mau naik cc jadi 200 cc, dijamin tak sampai Rp 500 ribu,” promosi Said dari MJ Motor di Arteri Pondok Indah, Jaksel.

Joery Racing (JR)

Pria bertubuh gempal ini punya kiat rombakan yang mengutamakan parts orisinal. “Saya enggak berani ngakal-ngakalin, karena mementingkan durabilitas,” jelas Juki, panggilan akrab Kiki Goestiawan bos JR.

Jadi kalau ada Bajaj Pulsar 180 cc mau naik cc jadi 200 cc bisa menghabiskan dana sekitar Rp 2,5 juta. “Tak sesederhana yang dibayangkan, karena saya mewajibkan turun mesin untuk sekalian blueprinting ulang alias re-blueprinting,” ungkapnya.

Pengerjaan tak hanya mengganti piston, tetapi meliputi setting ring (washer) gigi transmisi, setting karbu, atur ulang kompresi, berikut porting dan polish. Ditambah ganti per klep, per kopling, papas kepala piston (valve clearance), hingga ganti kem pakai punya Pulsar 200 DTS-i.

Kalau bicara bore-up, pakai piston Yamaha Scorpio (70 mm), ubahan bisa lebih kompleks karena liner silinder dan setang piston mesti diganti. “Saya ogah ngakalin pen piston dengan cara verbos atau bubut,” terang Juki.

 Caranya pakai setang piston dari moge Jepang seharga Rp 1,1 juta. Centering kruk as juga jadi menu wajib. “Mahal tetapi aman layaknya standar pabrik,” jelas pria berambut tipis ini. Makanya paket versi Joery Racing untuk 215 cc mencapai Rp 5 juta.

Benahi velocity. khas Joery Racing

Bore up 200 atau 215 cc?

Paket Hidrogen ala Dasya Motor
MJ Motor 

Lain lagi cara Said dalam merombak kapasitas mesin. Bila mau naik cc dari 180 jadi 200 cc cukup butuh dana sekitar Rp 500 ribu. “Tak perlu turun mesin, karena hanya mengganti piston,” jelas Said.

Kalau bicara budget Rp 2,5 juta, Said menyiapkan paket karbu Keihin PE28 baru dan knalpot racing aftermarket dari Stanley untuk melengkapi bore-up pakai piston Scorpio.

“Boring pakai liner mesin diesel, dan lubang pen piston Scorpio diperbesar 1 mm menyesuaikan diameter pen setang piston Pulsar,” jelas pria bertubuh langsing ini. Kepala silinder di-porting dan polish, atur ulang kompresi.

Dysha Motor

Hendri Martin punya cara sendiri buat meningkatkan tenaga Pulsar 180 dan 200 DTS-i. Dengan pasang hidrogen kit lengkap dengan modulator dan optimalisasi mesin dengan pelumas khusus. Ditambah perangkat elektronik seperti DC Booster, CDI Stabilizer, X-treme Fire.

Meski sifatnya PNP, hidrogen kit  dibanderol Rp 1 juta lengkap dengan electronic ampere modulator akan memberi daya ledak lebih baik, apalagi setelah sistem pengapian dibenahi pakai X-treme Fire dan DC Booster plus CDI Stabilizer. “Kemampuan asli mesin India ini dimaksimalkan sampai batas optimum,” tutur Hendri lagi.

Pelumas khusus kayak Xado Revitalizant dan VeryLube Turbo akan memadatkan kompresi dan ngurangi gesekan di piston hingga 70%. Cara ini bisa menaikkan 0,5 dk. Apalagi bila bahan bakar dicampur MNS Bio-Nano yang notabene bio-ethanol 99%.

Udara murni sebagai pendukung pengabutan homogen juga dibenahi lewat penambahan Magic-Jet. Paket dibanderol Rp 2-2,5 juta ini, konon bisa menambah performa plus menghemat bahan bakar hingga 100%.

Pilih saja mana suka!
Table Harga Upgrade Performa Bajaj Pulsar
Bajaj Pulsar 180 DTS-i (200 cc)
JRMJMDM
Piston kit 200 DTS-i175 ribu175 ribu-
Camshaft 200 DTS-i156 ribu--
Paking kepala silinder18 ribu18 ribu-
Paking blok silinder4 ribu4 ribu-
Sil Klep20 ribu--
Per klep moge350 ribu--
Per kopling custom175 ribu--
Hidrogen kit--1 juta
Dc booster--350 ribu
X-treme Fire--175 ribu
CDI Stabilizer--300 ribu
Magic jet--350 ribu
XADO Revitalizant--125 ribu
Verylube Turbo--20 ribu
Jasa seting dan bubut1,6 juta150 ribu50 ribu
Total2,498 juta347 ribu2.370 juta
Garansi2 bulan1 bulan3 bulan
Bajaj Pulsar 200 DTS-i (215 cc)
Bore up Scorpio 70 mm260 ribu260 ribu-
Silinder blok1.1 juta500 ribu-
Camshaft Custom Grind500 ribu--
Paking kepala silinder18 ribu18 ribu-
Paking blok silinder4 ribu4 ribu-
Sil klep20 ribu20 ribu-
Per klep moge350 ribu--
Per kopling moge175 ribu--
Karbu PE 28-550 ribu-
Knalpot racing Stanley-650 ribu-
Kabel gas + Spuyer PE28-70 ribu-
Hidrogen kit--1 juta
Dc booster--350 ribu
X-treme Fire--175 ribu
CDI Stabilizer--300 ribu
Magic jet--350 ribu
XADO Revitalizant--125 ribu
Verylube Turbo--20 ribu
Jasa seting dan bubut2,4 juta400 ribu50 ribu
Total4.827 juta2.472 juta2.370 juta
Garansi2 bulan1 bulan3 bulan

Penulis/Foto: Kl:X / KLX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar